Kalla Group Bangun Pabrik Kakao di Sultra

by admin | Monday, Aug 5, 2013 | 169 views

kakao

Salah satu anak peursahaan Kalla Group,  PT Kalla Kakao Industri (PT KKI) sedang membangun pabrik pengolahan biji cokelat Rp 350 miliar di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Pabrik yang akan memproduksi  coklat hingga 35.000 ton cokelat per tahun ini ditargetkan beroperasi pada Desember 2013 ini.

Gubernur Sultra, Nur Alam berharap  PT. Kalla Kakao Industry, untuk menjadi magnet bagi pertumbuhan ekonomi baru di daerah Sultra. Sementara Itu, Direktur PT.Kalla Kakao Industry, Ahmad Zaky, mengungkapkan, pada tahap awal, PT. Kalla Kakao Industri, akan memproduksi 21 ribu ton Kakao Bean atau sebesar 60 persen.

Pemilik PT Kalla Kakao Industri, Fatimah Kalla, mengatakan, pengoperasian pabrik kakao diperkirakan awal 2014, mengingat pengerjaan perbaikan pabrik baru mencapai 80 Persen, dengan nilai investasi sebesar Rp 350 miliar.

Dengan beroperasinya pabrik kakao terbesar di kawasan Sulawesi itu, diharapkan mampu menyerap ratusan tenaga kerja lokal di Sulawesi Tenggara

PT KKI ini merupakan pabrik pengelolaan cokelat yang berlokasi di jalan poros bandara, Kabupaten Konawe Selatan, sulawesi Tenggara. Direktur Utama Kalla Group, Fatimah Kalla, Direktur PT KKI, Eky Amiruddin, Gubernur Sultra Nur Alam dan sejumlah muspida Sultra melakukan kunjungan ke lokasi pabrik tersebut, Selasa, 30 Juli 2013. Rombongan memantau langsung kesiapan pengoperasian pabrik tersebut.

Bahan baku biji cokelat nantinya diperoleh dari petani cokelat di wilayah sulawesi. Pabrik ini sendiri sudah dalam tahap penyelesaian dan akan mulai berproduksi Desember mendatang. Hasil pengelolaan yang dihasilkan nantinya berupa bubuk coklat, coklat cair dan butter. Hasil pengelolaan PT KKI ini sebagian besar akan dikirim ke Timur Tengah,Australia, China, India, Eropa. (r01bm)

Like it? Share it!

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.