UMKM Makassar Belajar Tata Kelola Keuangan

by admin | Tuesday, May 28, 2013 | 47 views

keuanganSebanyak 45 pelaku usaha UMKM Makassar yang menjadi tenan inkubator bisnis UNM dibekali tata kelola keungan.  Kegiatan yang bertajuk Bimtek bidang keuangan ini di laksanakan pada tanggal 22-25 Mei  2013 di hotel Pena Mas Makassar. Dari Bimtek ini terungkap bahwa perencanaan Keuangan UMKM sangat penting yang pada dasarnyabergatung pada kedisiplinan pelaku usaha dalam mengelola keuangan pribadi/ keuangan perusahaan. pelaku umkm harus bisa memisahkan antara keuangan untuk kebutuhan hidup sehari hari dengan keuangan untuk usaha, meskipun usaha tersebut dijalankan di rumah.

Peserta dibekali juga tentang akuntasi sederhana. Akuntansi adalah identifikasi atau laporan atau  mengukur informasi  ekonomi,dengan tujuan pengambilan keputusan dengan menggunakan sistem internal dan sistem external,terdiri dari akuntansi keuangan,akuntansi management,akuntansi biaya, Analisis rasio keuangan adalah untuk mengetahui modal yang kita gunakan dalam menjalankan suatu usaha,begitu pula dengan laporan arus kas memberikan penjelasan bagaimana pengeluaran kas  dan penerimaan kas.

Disela-sela acara, kepala UPTD Balatkop dan UMKM Sulsel, Abdul Azis Bennu mengatakan, terpilihnya inkubator bisnis UNM dalam pemberdayaan UMKM di Makassar ini tak lepas dari eksistensinya yang bergerak di bidang wirausaha dan di dukung oleh dinas koperasi sebagai bukti bahwa seluruh element  kampus menjadi sebuah motivasi bagi semua masyarakat yang ada disekitar kampus, termasuk pelaku UMKM.

Ia juga mengajak mahasiswa dan pemuda untuk mau menekuni wirausaha degan memulai pada usaha mikro dan kecil. “Secara umum kreatifitas akan terpicu bila kita tertantang menjadi seorang enterpreneur. Apalagi Sulsel didukung dengan sumber daya alam melimpah sehingga brand Makassar harus di angkat menjadi  pioner-pioner yang diperhitungkan di tingkat nasional,”tandasnya. (r10bm)

Like it? Share it!

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.