Mitos Kelelawar di Kabupaten Soppeng

by admin | Thursday, Feb 28, 2013 | 59 views

soppengMenyebut nama Kabupaten Soppeng, maka yang terbayang adalah sejumlah kalong (kelelawar) yang bergelantungan di atas pohon di sejumlah tempat di wilayah kota Soppeng khususnya di Watansoppeng. Begitu memasuki wilayah kota Soppeng, maka kita akan dihadapkan dengan bau menyengat khas kelelawar, ditambah dengan pemandangan kalong-kalong yang tengah tertidur sambil bergelantungan di dahan-dahan pohon asam seakan tidak terusik dengan ramainya manusia yang sibuk dengan aktivitas masing-masing.

Pemandangan lain akan terlihat ketika menjelang petang, kalong-kalong ini mulai terbangun dan siap terbang mencari makanan ke berbagai penjuru. Kalong-kalong ini begerak meninggalkan tempatnya bergelantungan ibarat pasukan perang menuju medan laga. Terdengar suara gemuruh seakan menutupi langit kota Soppeng.

Menjelang pagi, sebelum fajar menyingsing, kalong-kalong ini kembali ke pohon-pohon yang telah dijadikan tempat tinggalnya. Kisah kehadiran kalong-kalong ini di kota Soppeng menjadi ragam cerita. Mulai dari yang bersifat magis sampai yang berbau takhayul.

Namun, semua menambah khazanah keunikan kehadiran kalong tersebut. Bagi masyarakat kota soppeng, kehadiran kalong-kalong ini sebagai penjaga kota. Selain sebagai penjaga, kalong-kalong ini juga akan memberi pesan-pesan tersirat tentang kemungkinan hal-hal yang akan terjadi dalam waktu beberapa hari, minggu atau bulan di wilayah tersebut.

Konon, pernah kalong-kalong ini meninggalkan kota soppeng dalam waktu yang cukup lama, para penghuni kota menjadi heran dan bertanya ada apa gerangan? tidak lama kemudian, terjadi bencana besar berupa kebakaran yang menimpa kota soppeng. Begitu juga, suatu ketika kalong-kalong ini meninggalkan kota soppeng yang ternyata kemudian terjadi serbuan musuh yang menyerang kota soppeng (kerajaan soppeng waktu itu). Cerita lain, mengatakan bagi mereka yang belum dapat jodoh, ketika berkunjung di kota ini, apabila terkena kotoran kalong, dipercaya bisa menjadi tanda akan dapat jodoh dari kota soppeng.

Hal ini dipercayai masyarakat karena banyaknya kejadian yang telah terbukti. Bisa jadi hal tersebut karena kebetulan saja, bagaimanapun, rezeki, jodoh dan maut adalah ketentuan Allah SWT. Kehadiran kelelawar yang banyak memberikan isyarat atau tanda kadang menjadi pembicaraan khusus lantaran ketepatan ramalannya. Tentu saja hal itu bergantung pada keyakinan individunya (R07BM)

Like it? Share it!