Kena Cukai, Harga Ponsel Akan Naik

By on February 13, 2013

images 226x300 Kena Cukai, Harga Ponsel Akan NaikSiap-siap harga ponsel akan segera naik, seiring rencana pemerintah akan mengenakan cukai pada produk ponsel. Kabar ini disampaikan Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro. Menurutnya, telepon seluler sebenarnya berada dalam kategori barang mewah, selain itu konsumsi masyarakat pada produk tersebut juga sangat tinggi sehingga menimbulkan import yang tinggi pada produk tersebut.

Untuk membendung hal tersebut, pemerintah tidak dapat mengenakan bea masuk ataupun pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM).  “Saat ini karena ada konvensi internasional, maka ponsel tidak dapat dikenakan biaya, baik bea masuk maupun PPnBM. Jadi kita lebih melihat mungkin cukai kalau begitu, karena kalau cukai itu boleh,” ujar Bambang di Jakarta, Senin (11/02).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Bahrul Chairi mengatakan rencana pemerintah ini dibenarkan, karena disatu sisi akan berujung pada pertambahan pendapatan dalam negeri.

“Itu adalah bagian dari fiskal pemerintah melihat sumber-sumber lain yang bisa dimasukkan. Dan itu merupakan hal yang wajar,” katanya saat ditemui usai Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi IV DPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/2/2013).

Kemendag mengakui saat ini masyarakat sudah mulai banyak yang menggunakan telepon seluler (Ponsel) canggih. Kondisi ini menunjukan sudah banyak kalangan masyarakat yang rela membeli Ponsel dengan harga lebih tinggi. Begitu pula kondisinya jika kebijakan cukai jadi diterapkan Kementerian Keuangan.(BisMan)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

You must be logged in to post a comment Login

Read previous post:
kfcgerai
Waralaba Dibatasi, KFC Siap Bangun 30 Gerai Baru

Kemendag telah menerbitkan Peraturan Menteri perdagangan Nomor 07/M-DAG/PER/2/2013 tentang pengembangan Kemitraan dalam Waralaba untuk jenis jasa makanan dan minuman. Peraturan...

Close