UKM Dilatih Promosi Via Internet

by admin | Saturday, Dec 8, 2012 | 57 views

Saat ini pengguna baru Internet terus bertumbuh, termasuk di Indonesia sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di kawasan Asia tenggara. Menurut catatan Bank Dunia, pada tahun 2011 sekitar 2,2 miliar orang pernah berinternet. Angka itu pada bulan lalu sudah tembus 2,7 miliar.

Di Indonesia, usaha kecil dan menengah (UKM) terbilang cukup pesat perkembangannya. Catatan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah UKM di Indonesia saat ini mencapai 55,3 juta pada Juli 2012. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 75 ribu UKM yang sudah menggunakan internet.

Melihat besarnya pangsa pasar di Indonesia, membuat perusahaan raksasa Google turun tangan untuk meluaskan jejaring bisnisnya dengan merangkul UKM Indonesia, melalui layanan Bisnis Go Online, Google mendekati para UKM untuk mulai menampilkan bisnis di internet.  Papar Taqdir Arsyad dalam presentasinya  dalam workshop UKM Go Online.

Workshop yang bertajuk UKM Go Online ini diselenggarakan oleh komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri yang disupport lansung oleh Google dan penyadia domain Indonesia (PANDI).

Dengan adanya pelatihan ini, berharap UKM  Makassar dapat menggunakan internet sebagai media promosi usaha sekaligus menambah konten local di internet. Kata Syaifullah, ketua panitia pelaksana workhop Go Online Makassar. Acara workshop yang dilaksanakan di Gedung SME Telkom Ratulangi Makassar, ini dihadiri 20 orang peserta setiap angkatannya, dan berlanjut sampai lima angkatan. Angkatan pertama digelar tanggal 7 Desember 2012 yang lalu.

Dalam kegiatan ini, para peserta workshop mendapatkan fasilitas domain dan hosting gratis selama setahun. Domain dan hosting yang bisa dipilih antara .web.id atau .co.id. (asgaf)

Like it? Share it!